Selasa, 04 Desember 2012

Contoh Makalah Seni


BAB 1
PENDAHULUAN
            1.1 Latar Belakang
Musik adalah ilmu atau seni menyusun nada atau suara diutarakan, kombinasi dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai keseimbangan dan kesatuan, nada atau suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu dan keharmonisan (terutama yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi).
Musik berdasarkan jenis, atau alirannya terbagi menjadi 2 macam yaitu :
a.      Musik Tradisional
b.      Musik Modern.
Musik tradisional adalah musik yang dipengaruhi oleh adat, tradisi dan budaya masyarakat tertentu. Pada umumnya, musik tradisi menjadi milik masyarakat bersama. Tidak diketahui siapa pencipta dari musik tradisi, baik yang berupa musik instrumental maupun vokal. Musik tradisional dengan kesederhanaannya merupakan warisan seni budaya leluhur yang memiliki niali tinggi. Karena tingginya nilai musik ini maka musik ini selalu dicintai dan dipertahankan atau dilestarikan oleh masyarakat.
Istilah musik tradisional  ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat dunia, seperti negara-negara di Eropa musik tradisinya ialah Musik Klasik, Musik Jazz, Musik Blues, Musik Countri, Musik Ska, dan Musik Reggae.
Musik Tradisional Mancanegara adalah musik yang dipengaruhi oleh adat, tradisi, budaya masyarakat setempat dalam suatu negara. Sebuah musik tradisional mancanegara menggambarkan kebudayaan yang dianut. Musik Tradisional Mancanegara memiliki ciri khas, karakter, dan keunikan sendiri. 
Musik Tradisional Mancanegara  umumnya berperan dalam acara keagamaan, acara pesta panen, atau acara perhelatan perkawinan. Beberapa negara di dunia memiliki musik tradisional dengan jenis dan macamnya yang beraneka ragam dan berbeda.
Di dalam kehidupan masyarakat tidak dapat mengelak dari musik dan mendengarkan musik. Keterlibatan musik dalam kehidupan manusia dapat melalui, menyaksikan pertunjukan / pergelaran secara langsung  atau lewat radio, televisi,VCD, dan tape recorder tentang musik.
Suara musik  memiliki kekuatan otonomi yang langsung menyentuh pendengarnya secara fisik dan psikologis. Kenikmatan masyarakat dalam mendengarkan musik beranekaragam sifat, namun kenikmatan musik secara umum bagi setiap manusia ada dua macam yaitu sebagai berikut:
a.    Keindahan yang dinikmati manusia dari keindahan susunan suara-suara , musik itu sendiri sebagai organisme yang hidup, yaitu keindahan melodi dan keserasian suara oleh warna-warnanya.
b.    Kenikmatan waktu kita meresapkan keindahan dari emosi yang terbawa oleh susunan nada-nada dalam musik tersebut yang menimbulkan rasa haru. Hal ini sebagai makna, sari , atau arti musik yang kita dengar.
Musik yang baik adalah yang dapat berfungsi sebagai alat pemurnian rasa , jiwa,  dan rohani manusia.
Unsur-unsur estetis meliputi:
        Unsur utama atau pokok yang dapat menghidupkan musik terdiri atas:
1. Bunyi
2. Irama
3. Melodi
4. Birama
5. Harmoni dan
6. Tekstur

Bunyi (suara) adalah elemen musik paling dasar. Suara musik yang baik adalah hasil interaksi dari tiga elemen, yaitu: irama, melodi, dan harmoni. Irama adalah pengaturan suara dalam suatu waktu, panjang, pendek dan temponya, dan ini memberikan karakter tersendiri pada setiap musik. Kombinasi beberapa tinggi nada dan irama akan menghasilkan melodi tertentu. Selanjutnya, kombinasi yang baik antara irama dan melodi melahirkan bunyi yang harmoni.

        Unsur pendukung musik meliputi :
a. Tempo
b. Dinamik dan
c.  Gaya

Perbedaan antara musik tradisional mancanegara dan musik tradisional nusantara ialah  memiliki  melodi dan irama berbeda dan memiliki keunikan yang berbeda..  Alat musiknya juga beragam bentuknya. Setiap negara juga memiliki ciri khas dan karakter yang berbeda antara satu dengan yang lain. Selain itu di Nusantara terdapat banyak suku yang memiliki alat musik tradisional yang berbeda dengan negara lain. Ada juga beberapa musik tradisional Nusantara yang bisa digunakan oleh anak-anak untuk bermain, sedangkan negara lain tidak memilikinya.

Persamaan antara musik tradisional mancanegara dan musik tradisional Nusantara ialah musik tradisional lahir dari adat dan budaya suatu negara, musik tradisional mempengaruhi masyarakatnya (memiliki semangat kolektivitas yang tinggi ).  Pada umumnya alat musik tradisional digunakan untuk mengiringi tarian. Musik tradisional bertujuan untuk menarik wisatawan agar datang di negaranya. Cara memainkan alat musik tradisional seperti ditiup, dipetik, digesek atau dipukul.
1.2  Tujuan
Tujuan kami menyusun tugas ini adalah untuk memenuhi salah satu mata pelajaran  Pendidikan Seni juga untuk memahami tentang musik tradisional mancanegara khususnya pada negara Rusia.
1.3 Sistematika Penulisan
Makalah ini tersusun atas tiga bab yaitu:
                  
ü  BAB I PENDAHULUAN
Menguraikan pokok persoalan yang terdiri dari latar belakang, tujuan penulis dan sistematika penulisan.

ü  BAB II PEMBAHASAN
Berisi penjelasan mengenai sejarah musik tradisional rusia, alat musik, dan lagu tradisional rusia.

ü  BAB III PENUTUP
Berisi tentang kesimpulan


BAB II
PEMBAHASAN
A.    Sejarah Musik Tradisional Rusia
Rusia adalah negara yang kaya dengan budaya-budaya besar, dengan puluhan grup etnis dengan bentukan musik rakyatnya masing-masing. Selama periode Uni Soviet, musik diteliti dan dikembangkan dengan baik dengan berbagai inovasi. Setelah kejatuhan, musik rock barat dan musik pop menjadi musik paling populer di Rusia.
Musik di Rusia merupakan musik yang dibuat di Rusia dan atau dibuat oleh orang Rusia. Rusia merupakan negara yang besar dan negara yang berbeda-beda budaya. Musik Rusia juga termasuk kontribusi dari musik etnik minoritas (seperti Yahudi, Ukraina, Gipsi, dan lain-lain) yang merupakan populasi kekaisaran Rusia, Uni Soviet, dan Rusia sekarang. Di dalam musik Rusia terdapat bermacam-macam gaya: lagu yang berasal dari ritual, musik gereja Ortodoks, dan juga termasuk beberapa dari komposer musik klasik dan romantik abad ke-19. Kontribusi dari komposer Soviet abad ke-20 juga termasuk bagian dari musik Rusia.
Rusia memiliki sejarah inovasi musik klasik. Pada abad ke-18, Peter I memperkenalkan gaya musik barat (western music) ke Rusia. Selama rezim berikutnya, yakni Kaisar Elisabeth dan Katerina, di kekaisaran Rusia mulai banyak terdapat musisi terkemuka, banyak yang berasal dari Italia. Musisi yang berasal dari Italia ini membawa tradisi opera di Italia dan musik klasik yang yang umumnya menginspirasikan komposer Rusia generasi berikutnya. Beberapa komposer Rusia menerima pelatihan di Italia atau pelatihan dari emigran Italia dan menciptakan karya suara dan instrumental di tradisi klasikal Italia pada saat itu. Beberapa komposernya, yakni Dmitri Bortniansky, Maksim Berezovsky, dan Artem Vedel yang tidak hanya menciptakan masterpiece musik paduan suara tetapi juga termasuk opera, karya chamber dan simfoni.
Komposer besar Rusia pertama yang dengan luar biasa menggubah musik tradisi Rusia menjadi musik sekuler adalah Mikhail Glinka (1804-1857), yang menciptakan opera berbahasa Rusia berjudul “Ivan Susanin” dan “Ruslan and Lyudmila”.
Pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 terdapat gelombang ketiga musik klasik Rusia, tokoh-tokohnya adalah Igor Stravinsky, Alexander Scriabin, Sergei Prokofiev, Sergey Rakhmaninov, dan Dmitri Shostakovich. Mereka berpengalaman dalam gaya dan bahasa musikal. Beberapa dari mereka beremigrasi setelah revolusi Rusia. Prokofiev kemudian kembali dan berkontribusi pada musik Soviet.
Pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, romance song (lagu romantis) menjadi sangat terkenal. Penyanyi romance yang sangat hebat dan sangat populer biasanya bernyanyi juga di opera pada waktu yang bersamaan. Yang paling populer adalah Fyodor Shalyapin. Para penyanyi biasanya menciptakan musik dan menulis lirik, seperti yang dilakukan oleh Alexander Vertinsky, Konstantin Sokolsky, Pyotr Leshchenko.
B.     Alat Musik
 
Balalaika merupakan alat musik Rusia yang sudah ada sejak 350 tahun yang lalu. Balalaika adalah jenis alat musik tradisional dari Rusia berupa gitar yang berbentuk segitiga. Sebagian besar balalaika hanya punya 3 senar, namun ada pula yang memiliki 4 senar. Balalaika dibuat dalam 6 ukuran, ukuran yang terbesar harus diletakkan di tanah saat dimainkan. Asal alat musik ini adalah dari suku Tatar (atau Tartar) yang tinggal di Rusia tengah dan menjadi popular mulai tahun 1700-an. Balalaika memainkan lagu-lagu rakyat Rusia dan mengiringi tarian-tarian tradisional.
                                                                                                                               
Balalaika terdiri dari 6 macam, memiliki bentuk dan nada yang berbeda, di antaranya adalah:
 
Balalaika terdiri dari 6 macam, memiliki bentuk dan nada yang berbeda, di antaranya adalah:
 
a.Contrabass
Contrabass yang memiliki ukuran raksasa maka biasa para pemainnya tidak aneh bila menggunakan sepatu boot dari kulit untuk memainkan nada rendah dari alat musik ini.
b.Bass
             Balalaika bass biasa bertumpu di atas tanah dengan penyangga dari kayu maupun besi, terdiri 3 senar yang digunakan sebagai bass untuk mengiringi instrumen dari balalaika.
c.Alto
             Balalaika alto memiliki 4 senar dan biasa di mainkan untuk mengiringi paduan suara rakyat Piatnistky.
 d. Sekunda
 Balalaika Sekunda maemiliki nada yang lebih rendah dari prima dengan bentuk yang hampir sama dengan prima dan piccolo namun sekunda lebih berbentuk segitiga siku-siku.
e.Prima
             Balalaika memiliki 6 senar dengan 3 set course ganda yang menggunakan penadaan gitar.
f.Piccolo
             Balalaika Piccolo terbuat dari stainless steel yang dibunyikan dengan nada yang tertinggi, dapat dikatakan Piccolo adalah nada paling tinggi yang keluar dari instrumen balalaika.

A.    Lagu Tradisional
                Kalinka adalah nama lagu tradisional rakyat Rusia yang sangat terkenal. Lagu ini bahkan dapat terbilang populer di antara banyaknya lagu-lagu terkenal yang bermunculan di Rusia masa kini.
                Banyak ahli sejarah yang mengatakan bahwa lagu ini ditulis oleh komposer Rusia bernama Ivan Petrovich Larionov pada tahun 1860 untuk pertunjukkan teater. Sayangnya ia tak sempat melihat bagaimana lagu hasil karya ciptanya menjadi sangat populer di kemudian hari. Tak hanya populer Rusia, tapi juga di banyak negara di dunia, terutama yang memiliki hubungan langsung dengan Rusia.
                Lagu ini dinamakan "Kalinka" (bentuk 'nama sayang') yang berasal dari kata "kalina", yaitu salah satu jenis buah beri (Viburnum) di Rusia. Liriknya berisikan tentang ungkapan pujian atas kecintaan seseorang terhadap kalinka. Keberadaan Kalinka merupakan perlambangan akan masa-masa musim panas Rusia yang tenang dan nyaman dan selalu dinanti-nantikan oleh banyak orang.
                Pembawaan lagu kalinka yang khas, dengan tempo yang pelan kemudian menjadi cepat dan bahkan sangat cepat di bagian reff memberikan kesan riang dan bersemangat bagi pendengar serta mereka yang menyanyikannya.








Berikut ini adalah lirik dari lagu Kalinka.

КАЛИНКА
                                                                                             
      Калинка, калинка, калинка моя!
      В саду ягода малинка, малинка моя!

      Ах, под сосною, под зеленою,
      Спать положите вы меня!
      Ай-люли, люли, ай-люли,
      Спать положите вы меня.

      Калинка, калинка, калинка моя!
      В саду ягода малинка, малинка моя!

      Ах, сосенушка ты зеленая,
      Не шуми же надо мной!
      Ай-люли, люли, ай-люли,
      Не шуми же надо мной!

      Калинка, калинка, калинка моя!
      В саду ягода малинка, малинка моя!

      Ах, красавица, душа-девица,
      Полюби же ты меня!
      Ай-люли, люли, ай-люли,
      Полюби же ты меня!

      Калинка, калинка, калинка моя!
      В саду ягода малинка, малинка моя!





Transliterasi huruf Latinnya :

KALINKA

Kalinka, kalinka, kalinka moya!
V sadu yagoda malinka, malinka moya!

Akh, pod sosnoyu, pod zelenoyu,
Spat' polozhite vy menya!
Ay-lyuli, lyuli, ay-lyuli,
Spat' polozhite vy menya.

Kalinka, kalinka, kalinka moya!
V sadu yagoda malinka, malinka moya!

Akh, sosyenushka ty zyelyenaya,
Nye shumi zhe nado mnoy!
Ay-lyuli, lyuli, ay-lyuli,
Nye shumi zhe nado mnoy!

Kalinka, kalinka, kalinka moya!
V sadu yagoda malinka, malinka moya!

Akh, krasavitsa, dusha-dyevitsa,
Polyubi zhe ty menya!
Ay-lyuli, lyuli, ay-lyuli,
Polyubi zhe ty menya!

Kalinka, kalinka, kalinka moya!
V sadu yagoda malinka, malinka moya!


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar